Artikel Terbaru :

Makna Segelas Air (2)

Kisah Umar bin Al-Khoththob ra. tentang makna segelas air.

Hurmuzan, seorang tokoh Persia yang sedang ditawan dan kemudian dijatuhi hukuman mati, memohon kepada Umar ra., ‘Berilah aku segelas air sebelum hukuman dijatuhkan kepadaku,.’

Umar ra. setuju, dan sebelum terpidana tersebut minum, ia memandang Umar dengan bertanya, ‘Apakah aku memperoleh keamanan sampai air ini habis saya minum ?

Umar mengiyakan, namun dengan serta merta Hurmuzan menumpahkan isi gelas itu, dan dengan senyum penuh arti dia berkata, ‘Tepatilah janjimu wahai Umar! Berilah aku keamanan.’

Hadirin yang menyaksikan tersentak, namun Umar ra. berkata, “Lepaskan dia, kita harus setia pada janji, apa pun akibatnya.”

Segelas air yang merupakan sumber kehidupan, bahkan kehidupan itu sendiri, tiada artinya jika menyalahi kesetiaan kepada janji. Inilah harga segelas air bagi Khalifah Umar ra.

Bahkan bukankah ada riwayat tentang seorang pramuria yang memberikan minum segelas air kepada seekor anjing yang sedang kehausan, kata Rosulullah Saw.:

“Tuhan telah mengampuni dosa-dosanya, dan memasukkannya ke dalam surga karena segelas air itu.”

Betapa berharganya nilai segelas air itu!

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah mengunjungi blog saya

 
 
 

Selamat Datang

Terima kasih anda telah mengunjungi kami

Jumlah Kunjungan

SANG PEMIMPI

Label

Diberdayakan oleh Blogger.